Minggu, 09 Desember 2012

Tips cara merawat leptop

0 komentar
Tips cara merawat leptop

Bagi anda yang memiliki sebuah notebook/laptop, tentu saja akan berbeda cara merawatnya dengan sebuah PC (Personal Computer) biasa. Secara umum, merawat software sama saja, namun untuk secara Hardware/fisiknya perlu adanya penanganan khusus. Ini sangat beralasan, karena perbedaan nyata ada di fisik laptop yang mendukung fungsi mobile. Notebook/laptop memiliki dimensi lebih kecil serta arstitektur yang lebih rentan dari pada PC.

Banyak dari anda yang mungkin hanya bisa mengoperasikan notebook/laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop anda bisa terawat dengan baik dan berumur panjang.
Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa Anda terapkan :

1. Membersihkan Keyboard Notebook/Laptop
Keyboar laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau umumnya adalah debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung keyboard (keyboard protektor) untuk mencegah kotoran.

2. Mengelap/Membersihkan Layar Notebook/Latop
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar laptop anda, karena bisa menyebabkan permukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

3. Hindari Notebook/Laptop Dari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook/laptop anda di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook/laptop.

4. Menghindari Goresan Pada Notebook/Laptop
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook/laptop. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan notebook/laptop anda pada tas yang telah tersedia.

5. Case Notebook/Laptop Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk piranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case notebook/laptop anda.

6. Menyimpan Notebook/LaptopBila Anda akan menyimpan notebook/laptop dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

7. Hindari Notebook/Laptop Anda Dari Medan MagnetUntuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan benda-benda yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook/laptop anda. Benda-benda penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Jika Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook/laptop anda.

8. Jangan Menggunakan Laptop di atas Tempat TidurLaptop memiliki sirkulasi pertukan udara diberbagai bagian bodynya. Sebagian ada yang berada di bagian bawah. Ketika kita meletakkan di alas yang lembut seperti tempat tidur, sofa, dsb, karena bagian sirkulasi bawah pada notebook/laptop anda akan tersumbat. Tentu saja ini tidak baik untuk kelangsungan kerja notebook/laptop anda ketika sedang berjalan, bahkan bisa memperpendek umur notebook/laptop anda.

0 komentar:

Posting Komentar