Selasa, 19 Maret 2013

Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk Windows

0 komentar

Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk Windows

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Siapa yang tidak mau memiliki perangkat penting seringan mengkin ? Pasti semuanya lebih memilih yang ringkas daripada yang ribet. Misalnya untuk instalasi Windows 7 sekarang kita tidak perlu lagi menggunakan DVD instalasi, tapi dengan sebuah flashdisk. Jadi akan sangat berguna terutama untuk laptop jenis netbook 10 inchi yang tidak dilengkapi dengan perangkat CD/DVD Room ketika hendak menginstal OS. Jadi, jika kita bermaksud hendak menginstal sistem operasi misalnya Windows 7 melalui flashdik, maka syaratnya kita juga harus membuat bootable flashdisk.

Pada postingan kali ini masih akan berbagi tips dan trik komputer tentang cara membuat bootable flashdisk dengan mudah. Sehingga bisa digunakan untuk membuat bootable flashdisk Windows 7 maupun untuk versi Windows lainnya. Untuk cara membuatnya, diperlukan software Novicorp WinToFlash. Walaupun sebenarnya banyak software sejenis WinToFlash, salah satunya Rufus yang sangat ringan dan portable serta berukuran kecil, tapi untuk menggunakan software Rufus, harus memiliki file ISO. Silakan download dulu softwarenya di bawah ini.

Download WinToFlash


Cara Membuat Bootable Flashdisk

Selanjutnya mari sama-sama kita mulai cara membuat bootable flashdisk dengan software WinToFlash sdengan mengikuti panduan di bawah ini :
1. Masukkan CD/DVD instalasi Windows
2. Jalankan software WinToFlash
3. Klik pada tombol Tanda Centang warna hijau untuk membuat bootable flashdisk dengan instruksi paling mudah. Klik Next untuk melanjutkan

cara membuat bootable flashdisk

4. Pada Windows files path, pilih letak CD/DVD instalasi Windows dan pada USB drive, tentukan letak flashdisk yang akan dibuat sebagai bootable flashdisk.

cara membuat bootable flashdisk

5. Klik Next dan tunggu sampa proses selesai.

Sekarang bootable flashdisk telah selesai dibuat. Hal yang perlu diperhatiken adalah untuk bootable flashdisk Windows 7, kapasitas flashdisk yang digunakan sebesar 4GB. Untuk dapat menggunakan bootable flashdisk yang kita buat, maka kita perlu mengatur BIOS agar bisa booting dari flashdisk, baca artikel cara setting BIOS booting dari flashdisk.Selamat mencoba :D

0 komentar:

Posting Komentar